Mengenal Program Website Builder BuatSitusWeb

Pada panduan ini, kita akan mempelajari konsep dan cara kerja program BuatSitusWeb.  Kunci utama Program Website BuatSitusWeb.com adalah MUDAH DIGUNAKAN. Tujuannya agar proses membuat website menjadi lebih mudah, cepat, efisien dan menyenangkan.

Untuk menyederhanakan proses pembuatan, website dibagi dalam 3 bagian.  Yaitu Header Website, Body Website dan Footer Website. Mari kita pelajari bagian website tersebut, satu per satu. Silahkan klik daftar isi di bawah ini untuk membaca bagian yang anda inginkan.

Header Website

Header adalah bagian website yang berada di posisi paling atas, biasanya diisi dengan logo dan menu navigasi.

BuatSitusWeb menyediakan beberapa desain header yang Anda bisa pilih sesuai dengan brand perusahaan anda. Di setiap desain header, Anda bisa melakukan konfigurasi untuk menentukan warna dan tampilan header.

BuatSitusWebmendesain header agar mobile friendly sehingga tampil bagus di semua perangkat.

Header Website

Footer Website

Footer adalah bagian website yang berada di posisi paling bawah.BuatSitusWeb juga menyediakan beberapa desain footer yang Anda bisa pilih sesuaikan warna dan tampilannya. Footer juga didesain mobile friendly sehingga tampil bagus di semua perangkat.

Footer biasanya berisi informasi kontak perusahan, copyright dan menu navigasi.

Footer Website

Body Website

Body website merupakan bagian dimana konten atau isi dari halaman website anda ditampilkan. Untuk memudahkan proses penyusunan konten, bagian body website ini dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan komponen.

Komponen website jika diperlukan akan dibagi kembali menjadi bagian yang lebih kecil, disebut dengan elemen.

Website Builder dari BuatSitusweb hadir untuk membantu anda mengelola komponen-komponen website ini. Tiap komponen dan elemen bisa anda edit isi dan desainnya sehingga secara keseluruhan menyusun keindahan website anda.

Body Website

Komponen Website

Komponen website secara umum terdiri atasJudul,Subjudul, Deskripsi, Gambar. Video dan Elemen. Namun demikian, anda tidak perlu mengisi semuanya, cukup yang dibutuhkan saja.

BuatSitusWeb menyediakan aneka ragam komponen yang bisa anda pilih dan tambahkan ke konten halaman website. Diantaranya adalah:

  • Basic, menampilkan judul, subjudul, dekrispi konten. Anda bisa melengkapi konten dengan gambar dan video youtube.
  • Simple Call to Action, berguna untuk menampilkan promosi atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Misalnya anda ingin mengajak pengunjung website melakukan konsultasi atau order via Whatsapp.
  • Table of Content, atau daftar isi. Berfungsi untuk menampilkan daftar komponen yang ada di satu halaman website. Ini sangat berguna jika anda membuat konten website yang sangat panjang. Komponen ini memudahkan pengunjung untuk langsung menuju bagian tertentu dari halaman tersebut. Selain itu juga sangat bagus untuk SEO, seperti yang dijelaskan oleh Google bahwa daftar ini memudahkan google untuk mengetahui isi dari halaman website anda.
  • Title, atau judul halaman. Berguna untuk menampilkan judul halaman, dilengkapi dengan deskripsi singkat dan breadcrumb (urutan link halaman anda)
  • FAQ, atau pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan,
  • Column Simple, berguna untuk menampilkan data dalam kolom. Anda bisa menampilkan banyak data dalam satu komponen. Data bisa berupa gambar, teks (judul, subjudul dan deskripsi).
    Pada komponen ini, anda bisa memposisikan gambar di atas teks atau sebaliknya teks di atas dan gambar di bawah.
    Contoh sederhananya, misalnya anda ingin menampilkan daftar pimpinan perusahaan, anda bisa menambahkan foto, nama dan jabatannya.
  • Media, hampir sama dengan column simple. Perbedaaanya adalah pada posisi gambar. Anda bisa menampilkan gambar di kiri atau di kanan teks. Anda bisa menggunakannya untuk menampilkan produk, menu atau fitur keunggulan produk/jasa anda.
  • Icon, hampir sama dengan column simple. Tetapi dikomponen ini anda tidak menampilkan gambar, melainkan icon. Anda bisa memilih icon dari 1500 koleksi icon yang disediakan fontawesome.
  • Media icon, merupakan gabungan antara media dan icon. Anda bisa menampilkan icon di sisi kiri atau kanan teks.
  • Data Contact, berguna untuk menampilkan peta dan data kontak perusahaan anda.
    Anda bisa mengisi sendiri data kontak di halaman konfigurasi kontak. Terdapat 20 tipe kontak dan social media yang bisa anda pilih untuk mewakili info kontak anda.
    Anda juga bisa menampilkan peta yang terintegrasi dengan Google Maps.
  • Carousel Slide, untuk menampilkan slide gambar dan teks.

Mengakses Website Builder

Ada dua cara mengakses halaman website builder, yaitu:

  • Jika anda membuat halaman baru, saat halaman berhasil disimpan ke database, anda akan langsung diarahkan ke website builder.
  • Dari daftar halaman. Anda bisa memilih halaman mana yang akan diedit isinya, dengan klik pada tombol builder.
Mengakses Website Builder
Mengenal Bagian-Bagian Website Builder

Mengenal Bagian-Bagian Website Builder

Pada bagian sebelumnya anda telah mempelajari mengenai komponen website, sekarang saatnya anda belajar bagian-bagian dari website builder. Website builder adalah program yang membantu anda mengelola komponen-komponen halaman website dengan mudah dan cepat.

Website builder dibagi dalam beberapa bagian:

  1. Keterangan Halaman yang sedang di edit
  2. Tombol untuk menambahkan komponen ke halaman
  3. Keterangan komponen yang sedang diedit. Saat anda mengarahkan mouse ke suatu komponen, akan muncul tool untuk mengelola komponen.
  4. Tool untuk mengelola komponen. Tombol yang tersedia pada tool ini berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan komponen. Tetapi secara umum terdiri atas:
    • Tombol Gauge, untuk melihat seluruh menu editing yang tersedia.
    • Tombol Setting, untuk mengedit setting komponen.
    • Tombol Up, untuk menaikan posisi komponen di halaman
    • Tombol Down, untuk menurunkan posisi komponen di halaman
  5. Tool untuk mengelola seluruh elemen dalam suatu komponen. Dengan tool ini anda bisa menambahkan elemen ke dalam komponen. Juga bisa melakukan setting bagaimana elemen ditampilkan.
  6. Tool untuk mengelola satu elemen. Anda bisa melakukan editing isi element seperti teks, gambar atau icon. Anda juga bisa menghapus elemen yang tidak diinginkan.
  7. Tombol Preview untuk melihat tampilan halaman di perangkat yang berbeda seperti di dekstop, notebook, table dan mobile/smartphone. Anda juga bisa melihat preview di halaman publik untuk melihat bagaimana tampilan halaman jika sudah dipublish.
  8. Tombol Publish. Anda harus mem-publish perubahan yang anda lakukan agar perubahan tersebut bisa diakses oleh pengunjung. Saat anda melakukan editing, semua perubahan hanya tersimpan di website builder saja. Ini sangat berguna, agar pengunjung tidak bisa melihat proses editing yang mungkin masih ada data atau desain yang kurang sesuai. Baru setelah halaman dirasa sudah bagus, anda melakukan publish kepada pengunjung.
    Selain itu juga ada fasilitas Reset yang membantu anda mengembalikan komponen di website builder ke kondisi yang sama dengan halaman publik. Fasilitas ini sangat berguna saat anda masih belajar membuat halaman sendiri. Saat terjadi kesalahan, anda bisa dengan mudah kembali ke desain awal halaman.
  9. Tombol Paste Komponen, untuk menyalin komponen ke halaman
  10. Tombol Tempat Sampah, jika diklik akan ditampilkan daftar halaman yang dihapus. Anda bisa menghapusnya secara permanen atau me-restore komponen tersebut ke halaman. 

Bekerja dengan Komponen Website

Setelah mengetahui komponen yang tersedia dan bagian dari web builder, anda bisa mulai bekerja dengan komponen tersebut untuk mulai membuat website. Berikut ini yang anda bisa lakukan dengan komponen website:

  • Tambah, menambahkan komponen ke halaman website
  • Edit, melakukan edit konten komponen. Untuk mengedit komponen anda cukup klik pada bagian yang diedit. Lalu lakukan editing sesuai keinginan anda.
  • Setting, melakukan setting desain pada komponen tersebut.
  • Ordering atau mengurutkan posisi komponen. Jika terdapat lebih dari 2 komponen anda bisa mengurutkannya mana yang di atas dan di bawah.
  • Hapus, menghapus komponen dari halaman website. Saat dihapus, komponen tidak langsung benar-benar dihapus dari database, tetapi masuk ke fasilitas tempat sampah. Dari tempat sampah ini, anda bisa melakukan Restore untuk mengembalikan komponen ke halaman website atau Hapus Permanen untuk mengapusnya dari database.
  • Copy + Paste, menyalin komponen dari halaman satu halaman ke halaman lain.
  • Copy + Paste Style, menyalin desain dari satu komponen ke komponen lain baik di halaman yang sama maupun berbeda.
  • Duplikat, menduplikat komponen di halaman yang sama.
  • Save, menyimpan komponen yang anda sukai.
  • AutoDesign, yaitu fasilitas kecerdasan buatan sederhana yang membantu anda mendesain tampilan komponen website. Anda bisa menganti desain tipografi, warna, layout atau ketiganya secara bersamaan.
    Di sini anda juga bisa melihat daftar komponen yang anda simpan. Anda bisa mengaplikasikan desain yang telah disimpan tadi ke komponen tersebut.
Administrator

  01 Mar 2020

Artikel yang berhubungan dengan Mengenal Program Website Builder BuatSitusWeb